Sunday 4 November 2018

Cara Supaya Motor Tetap 'Awet' 🚲 || kalian yang asal-asalan atau anak racing abal-abal musti baca πŸ˜‚

Assalamualaikum
Hello world!

Apa kabar agan sista? Semoga baik-baik saja. Kali ini gua bakal share beberapa tips supaya motor tetap awet baik mesin atau body, terutama motor baru yang masih segelan πŸ˜‚ atau masih belum datang plat nomor dan STNK nya.



Motor adalah kendaraan 'pokok' rakyat Indonesia, di karenakan bisa nyempil saat macet, bisa melalui jalur setapak dan harga jualnya jauh di bawah mobil (kebanyakan motor ya) membuat kendaraan ini di gemari oleh rakyat Indonesia.

Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan pabrikan lainnya saling bersaing di pasar Indonesia. Kategori matic di kuasai oleh Honda dan Yamaha, motor bebek pun di monopoli Yamaha dan Honda. Suzuki dengan Satria nya dan Kawasaki bersama Ninja & KLX nya dominan di kelasnya.

Harga motor yang bersaing dan banyaknya DP murah yang beredar semakin memudahkan masyarakat untuk mempunyai kendaraan motor, hingga tidak jarang 1 keluarga punya 2-4 motor.

Produksi seri terbaru dari pabrikan motor juga sering di tunggu, dan buat kalian yang ikut-ikutan nunggu tanpa tahu cara merawatnya simak tips dari gua dibawah ini:



1. Skotlet
Sumber gambar: lelakijelata.blogspot.com

Skotlet adalah benda seperti.... plastik? Atau apalah yang melapisi body motor hingga jika ada goresan atau lecet tidak langsung mengenai body motor hingga memperindah body motor. Cara ini tergolong efektif buat motor-motor baru yang keluar dari dealer
Nb: pastikan motor bersih saat mau di skotlet

2. Service Rutin
Sumber gambar: www.promomotorhonda.net

Tiap motor baru yang keluar dari dealer biasanya punya jangka waktu Service Rutin tiap berapa bulan sekali atau merunut pada Kilometer yang di tempuh motor selama keluar dari dealer. Periksa mesin, ganti oli mesin atau gardan (buat matic) adalah hal yang wajib untuk motor baru. Tapi jika motor kalian jarang keluar maka minta saja oli mesin baru dari service resmi terdekat. Biasanya sih boleh

3. Rutin Mengganti Oli Mesin
Sumber gambar: www.gilamotor.com

Kalau motor kalian sering keluar dan perjalanannya jauh, maka oli akan cepat hitam/usang. Maka rutinlah mengganti oli mesin sebulan sekali, untuk matic di sarankan mengganti oli gardan setiap 3x pergantian oli mesin. Jadi jika sudah 3 kali ganti oli mesin maka gantilah oli gardan. Ganti oli gardan itu penting juga lho, karena banyak pengguna matic tidak mengganti oli gardan bertahun-tahun dan alhasil motor rusak, butuh perbaikan yang menguras dompet.

4. Selalu Panaskan Motor Tiap Pagi dengan Menyelah/Mengengkol
Jangan ditiru || Sumber tertara di gambar

Ada yang selalu panasin motor via stater? Nih gua kasih tau, disarankan bagi motor untuk di panaskan tiap pagi karena malamnya motor di diamkan cukup lama hingga mesin dingin. Lalu, untuk panasin motor sangat di anjurkan melakukannya dengan menyelah atau mengengkolnya daripada memakai stater, awet ke mesin.
Oh iya, tips dari gua lagi, saat mau menyelah sebaiknya jangan hidupkan kontak dulu. Jadi selah minimal 5 kaki saat motor mati dan setelah dirasa cukup hidupkan kontak lalu selah lagi hingga nyala.

5. Untuk Motor Putih, Usahakan Rutin di Cuci

Nah ini kerepotan bagi gua yang selalu ingin motor gua tampil hell dope. Motor gua berwarna putih, jadi sangat terlihat jika ada debu, kotoran, atau lumpul walau pun sedikit. Dan.... buat kalian lebih baik skotlet aja motor putih kalian supaya debu/kotoran tidak
Sumber gambar: www.automotivexist.blogspot.com
mengendap/mendangkal hingga susah di bersihkan. Yap, resiko pemilik motor putih yang malah mencuci motornya adalah debu akan mendangkal dan sulit di bersihkan. Jadi usahakan rutin cuci motor.. tapi inget: JANGAN GUNAKAN SABUN COLEK KARENA MERUSAK CAT LAMA-LAMA

6. Jangan di Paksa Gayor
Sumber gambar: www.kambingules.blogspot.com

Ini biasanya kendala bocah alay micin tol0l yang maksain motornya buat bonceng bertiga atau berempat. Kadang dilihat sekilas aja udah ketauan motornya kurus lemah menang bacod doang tapi tetep aja di pake bertiga bahkan berempat. Rusak, tinggal lapor orang tua 🀐

7. Selalu Gunakan Produk Ori
Sumber gambar: ???

Nah ini, kebanyakan motor-motor tahun 2006-05 keatas sering memakai komponen KW, usahakan minta bengkel non resmi atau kalian beli sendiri di bengkel resmi spare part yang rusak supaya terjamin ORI.

8. Buat Matic: Jangan Lupakan Air Radiator (Coolin)
Sumber gambar: www.roda2blog.com

Nah, buat para pengguna motor Matic jangan lupa selalu cek air radiator kalian. Karena jika sampai habis akan sangat berbahaya buat motor apalagi yang suka menempuh jarak jauh.



Sekian dari gua.. apa dari kalian ada yang mau nambahin? Mungkin koreksi? Silahkan komen..

Mohon maaf jika ada kalimat atau kata yang menyinggung, semoga tips ini dapat membantu agan sista..

Terima kasih
Wassalam
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
πŸ“SEMUA FOTO YANG BUKAN DARI GUA SUDAH TERCANTUM SUMBER
πŸ“DILARANG COPAS TULISAN ARTIKEL INI TANPA SUMBER LINK BLOG ATAU ARTIKEL INI

Baca Juga