Thursday 28 November 2019

Kenapa Motor 2 Tak di'KUDETA' oleh 4 Tak?


Assalamualaikum.
Hello world~

Sebelumnya apa kabar teman-teman? Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya 🍻. Apakah kalian pernah terpikirkan, kenapa pabrikan motor zaman sekarang enggan mengeluarkan motor tipe 2 tak?.

Era sebelum tahun 2004-an, motor tipe 2 tak mendominasi, bahkan cerita tentang tenaga motor 2 tak masih melegenda sampai sekarang.

Cerita itu bukan rekayasa atau fiktif belaka, kenyataan di jalanan sudah membuktikan bahwa motor tipe 2 tak walau ber-cc sama dengan motor 4 tak namun tenaga yang di keluarkan si 2 tak lebih besar.

Contoh, Ninja R150 yang ganas atau RX King si raja jalanan, saat mereka di jalanan pasti ada saja orang iseng yang mau test motornya dengan dua tipe motor diatas.

Namun kenapa motor zaman now bersistem 4 tak? Kenapa motor 2 tak enggak lagi produksi? Nah, silahkan simak di bawah ini:




Pada tahun 2003, pemerintah mengeluarkan standar emisi gas buang kendaraan bermotor setara dengan standar Euro 2. Peraturan ini berlaku mulai 2005 dan banyak pabrikan yang memproduksi motor 2 tak saat itu tak masuk standar.

Butuh beberapa tahun bagi para pabrikan untuk menekan gas buang motor yang artinya mau tak mau harus beralih ke metode 4 tak.

Nah, sejak saat itu produksi motor 2 tak sedikit, kalau enggak salah yang bertahan sampai 2015-an adalah Kawasaki dengan Ninja nya.

Hal ini meyebabkan konsumen lebih memilih ke motor 4 tak karena produksi dan teknologinya semakin tahun semakin canggih hingga sekarang era 2 tak dikudeta oleh 4 tak.

Alasan lainnya yang sedikit mempengaruhi adalah Moto GP yang menghapuskan mesin 2 tak di balapannya sejak tahun 2012.



Nah, sekarang kalian tahu kan kenapa motor 2 tak enggak lagi produksi? Semoga postingan ini dapat memberikan informasi bagi kalian.

Sekian dari gua, mohon maaf apabila ada salah kata maupun ada kekurangan. Untuk pertanyaan, kritik & saran silahkan tulis di komentar 📝.




Terima kasih,
Wassalam.
Baca Juga