Tuesday 27 October 2020

,

Masuk Kuliah tapi Habis Ngejeda? PERSIAPKAN INI!

 Assalamualaikum wr. wb.

Hello world~




Sumber gambar: tirto.id



Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Pendidikan universitas bisa dibilang menjadi acuan banyak orang tua di Indonesia, karena kebanyakan orang tua kita hanya menempuh pendidikan sebatas SMK, SMA, SMEA, STM dan bahkan tak sedikit yang hanya mengantongi ijazah SMP atau SD.


Dengan "insting" orang tua yang menginginkan anaknya lebih baik terutama soal pendidikan, hampir seluruh orang tua senang dengan masuknya sang anak ke bangku universitas baik negeri maupun swasta. Tapi tak sedikit yang menjeda setahun bahkan lebih dari empat tahun dengan sebab keuangan, seperti gua.


Dengan keuangan keluarga yang tak memungkinkan membiayai gua kuliah dan kecemasan gua kalau berhenti di tengah jalan, gua harus menjeda selama 2 tahunan untuk bekerja dahulu sampai cukup untuk membayar uang pendaftaran dan bulanan kurang-lebih 4 bulan.


Nah, gua punya sedikit tips bagi kalian yang menjeda kuliah dan belum masuk atau masih berencana masuk perkuliahan. Ini didasari oleh pengalaman gua. Karena awalnya gua kaget dan rada keteteran dalam beberapa aspek setelah lama tidak merasakan "sekolah".


Tanpa banyak basa-basi kita bahas skuy~




1. Siapkan Alat Tempur.

Dengan keadaan serba daring sekarang ini, bukan tidak mungkin sampai akhir semester awal akan diberlakukan kuliah online. Bagi kebanyakan jurusan mempunyai senjata utama yaitu komputer, baik laptop maupun PC.


Apalagi kelas TI, komputer merupakan "sahabat" sejatinya. Saran gua persiapkan komputer kalian dahulu, jangan sampai trouble di tengah jalan apalagi kalian membiayai sendiri yang membiayai kuliah. Coba periksa apa minus komputer kalian sekarang dan coba perbaiki.


Oh iya, saran buat anak TI kalau di semester awal sih enggak perlu laptop spek dewa. Laptop gua aja masih berfungsi baik kok karena belum memasuki pembelajaran yang berkaitan dengan software berat.



2. Nostalgia.

Saat awal masuk dan anak-anak kelas gua pada ngobrol masalah bahasa pemrograman, gua hanya bisa memperhatikan dan sesekali bingung dengan bahasa pemrograman atau istilah yang asing. Karena gua langsung masuk kuliah dengan mindset akan diajari dari awal.


Memang diajari dari awal tetapi masalahnya gua masuk kelas karyawan sedangkan gua hanya ojol. Yang lain? Kebanyakan orang TI di kantor mereka. Sejak awal gua sudah ketinggalan start dan awal perkuliahan gua sibuk nostalgia tentang pelajaran SMK dan nonton YouTube agar memperdalam bahasa pemrograman gua.


Saran gua, jika kalian menjeda untuk masuk kuliah, jangan lupa belajar sejenak tentang pelajaran jurusan kalian sewaktu SMK. STM atau SMA dulu meskipun kalian "sudah khatam". Oh iya, buka YouTube atau googling juga ya supaya makin dalam wawasan kalian.



3. Yakinkan diri.


Banyak mahasiswa/i yang merasa tiap memasuki semester baru semakin terasa salah jurusannya. Enggak mahasiswa/i saja. Bahkan anak SMK atau STM pun banyak yang merasa salah jurusan tiap bulannya wkwk.


Maka dari itu kalian harus yakin dengan jurusan yang kalian pilih. Walau kalian yakin dan mau mendaftar ke jurusan yang beda saat sekolah, apabila kalian minat pasti tahu dasar-dasarnya dong. Jadi enggak masalah, kecuali dari saar sekolah kalian sudah khatam dasar-dasarnya tapi saat di kampus dengan jurusan yang sama kalian sudah blank dasar-dasarnya aowkwk.




Mungkin sesingkat itu yang bisa gua berikan ke kalian. Semoga dapat membantu kalian yang ingin masuk kuliah atau sedang berencana memasuki kelas universitas. Jangan pernah patah semangat, karena bagaimana pun di akhir akan ada senyum orang tua kalian dan pasti dulu kalian pernah dengar orang tua kalian berkata "Jangan bodoh seperti orang tua kamu, pokoknya pendidikan kamu yang utama.".


Mohon maaf apabila banyak kurangnya dan terdapat kesalahann. Jangan lupa komen apabila terdapat pertanyaan, kritik dan saran. Oh iya matikan juga adblock dan klik iklannya biar gua bisa kaya ajg. hehe..



Terima kasih,

Wassalam.

Baca Juga