Sunday 15 November 2020

, ,

Cara Lihat Share Layar di Google Meet

 Assalamulaikum.

Hello world~ 🙋🏾‍♂️




Sumber gambar: ss frivadi





Apa kabar semuanya 👋?. Semoga dalam keadaan baik-baik saja. Pada pandemi ini kita melakukan hampir semuanya serba online, mulai dari bekerja bagi yang bisa digarap dari jauh sampai hal sekolah.


Untuk sekolah online, yang paling umum adalah Zoom tapi tidak sedikit pula yant memakai WhatsApp, Google Classroom, Google Meet dan lainnya. Semua pengajar tidak terpaku pada Zoom karena untuk menjalanlan video confrence dengan durasi lebih sejam (kalau gua enggak salah) itu harus membeli yang premium atau berbayar.


Zoom pula dianggap banyak murid dari anak SMP sampai mahasiswa banyak menghabiskan paket data. Gua pun menganggap begitu, memakai zoom dan Google Meet terdapat perbedaan paket data yang digunakan. Lebih banyak Google Meet, yah walau sebelum diadakan kelas online gua pasti daftar paket pendidikan 😆.


Nah, kali ini gua mau share bagaimana caranya kita melihat share layar dari pengajar atau layar yang sedang dibagikan di Google Meet via hp supaya aktifitas pembelajaran kita tidak terganggu 👍.


Karena Zoom dan Google Meet itu agak berbeda. Kalau di Zoom share layar otomatis terlihat sedangkan Google Meet tidak, kita harus memilihnya apabila kita memakai Google Meet di hp. Apa saja caranya? Checks dibawahs gaess 👇👇.



1. Saat ada notif di layar bahwa user pengajar kita membagikan layar atau share layar, klik daftar user lain (misal: 20 orang lainnya, 30 orang lainnya). Pokoknya klik bagian daftar user lain sehingga kita akan diarahkan ke list user di room tersebut.

Maaf pak saya jadikan konten blog dan saya sensor untuk menjaga privasi 🙏





2. Lalu cari nama user pengajar, akan terlihat ada 2 nama user pengajar yang sama persis dan foto profilenya sama. Nah, biasanya yang kedua adalah akun pengajar kita juga namun bagian share layarnya sementara yang pertama bisa dibilang kamera depannya.


Lihat yang ada di dalam kotak merah. Yang atas adalah akun yang menampilkan kamera depan pengajar, lihat di bagian mic. Sedangkan dibawah bagian menampilkan share layar



3. Tenang, walau akun duplikat keduanya micnya tercoreng tapi tetap akan ada suara dari pengajar kok. Lalu silahkan klik titik tiga di sebelah mic pada akun duplikat kedua pengajar, nanti akan muncul sebuah jendela pop up. Lalu klik pin


Severti ini ya gaes sekalian



4. Lalu hasilnya akan seperti ini





Mohon maaf ada aplikasi driver gojek karena di pertengahan gua lupa buat "manasin" akun gojek gua 🙏 itu pun gua cari kesempatan dimana yang bisa gua tinggal sejenak kelasnya buat log in ke app gojek gua.


Semoga dengan postingan ini dapat membantu kalian maupun menambah wawasan kalian 😁. Apabila ada pertanyaan silahkan komen gaes sadayana.


Mohon maaf apabila postingan ini terdapat kesalahan dan banyak kekurangan gaes 🙏. Semoga hari kalian bahagia 😊.



Terima kasih,

Wassalam.

Baca Juga