Sunday 9 October 2022

,

Pertama Kali Banten - Jogja pakai Motor

 Hai. Apakabar semuanya?, Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dehat selalu. Pada kesempatan kali ini gua ingin share pengalaman pertama kali atau first time motoran dari Banten ke Yogyakarta.

Waktu Berangkat


Singkatnya gua mempunyai keluarga di Jogja, juga sempat sekolah disana sekitar 4 tahun dari kelas 3 SMP sampai tamat SMK lalu balik lagi ke Banten untuk mencari pekerjaan, karena UMR di Serang lumayan boy.


Semenjak lulus sampai tahun 2022, gua belum mengunjungi keluarga gua disana. Bahkan saat hari raya Idul Fitri atau lebaran. Akhirnya beberapa minggu di bulan Oktober dan sebelumnya, entah kenapa keinginan gua kesana itu keukeuh. Plus ingin memuaskan rasa penasaran untuk mengetahui jalur dari barat pulau Jawa ke tengah pulau.


Akhirnya setelah dana terkumpul gua beranikan diri dan mempersiapkan diri untuk ke Jogja atau ke Jawa memakai motor kesayangan gua, Satria F150 karbu. Meskipun teman-teman menyarankan lebih baik pakai (pinjam) motor bokap gua yang matic. Nah, sebelum melakukan long trip kalian perlu persiapkan:


1. Persiapkan Rute.

Tanyalah ke orang yang sudah pernah ke tempat yang kalian tuju atau pernah lewat. Minta saran rute yang baik dan cocokkan menggunakan Google Maps supaya kalian tidak kesasar dan tidak kaget dengan rutenya. Jangan lupa perkirakan kalian start dan sampai tempat tujuan jam berapa, dan tanyakan tempat nge-rest yang enak dan nyaman.


2. Periksa Motor.

Setelah mengetahui rute dan medan yang akan dilalui periksalah kendaraan kalian, terutama rem depan dan belakang, karbu/injeksi, busi dan ban. Alangkah baiknya kalian bilang ke mekanik jika kendaraan akan dibawa berpergian jauh.


3. Uang Jalan.

Ditengah harga BBM yang naik dan agak sulit (ngantri), kelola uang jalan kalian. Nah, untuk patokan bisa tanya orang yang pernah ke tujuan kalian atau perkirakan melalui KM dari tempat start hingga finis, jangan lupa search di Google kendaraan kalian 1 liter bisa untuk berapa KM. Jangan lupa tambahkan uang jalan dari perkiraan untuk makan, minum, parkir dan lainnya.


4. Bawa Tali Kopling dan Busi Cadangan serta Kunci-kuncinya.

Untuk kalian yang motornya berkopling, alangkah baiknya membawa tali kopling cadangan. Gua sarankan beli tali kopling Vespa, jangan lupa bawa busi cadangan beserta kunci-kunci yang nanti akan dibutuhkan untuk mengatasi trouble motor. Jika sedang dijalan alangkah baiknya mempersiapkan "Gua jauh dari rumah, dari tempat gua. Kalau gua enggak prepare siapa yang mau nolongin?".


5. Istirahat.

1-2 hari sebelum perjalanan sebaiknya kalian istirahat, tidak melakukan aktivitas yang berat dan menguras tenaga karena berkendara jauh itu butuh fokus dan tenaga lho. 4-5 jam sebelum berangkat juga gua sarankan untuk tidur.


Nah, itu tips dari gua. Kemarin gua dari Banten ke DIY start jam setengah 3 shubuh dan masuk DIY pukul 19.30-an, itu gua setiap 2 jam sekali istirahat karena mau nge-rest ragu. Wajar, baru pertama kali.


Untuk bensin, motor Suzuki yang dikenal boros ini memakan 200 ribu, gua mengisi selalu full tank dan paling mepet isi bensin saat sisa bensin 2 bar. Itu paling mepet lho, ya. Biasanya saat 3 bar ada SPBU, gua langsung melipir.


Tapi saat pulang gua menghabiskan 250 ribu-an karena terjebak macet di Karawang sampai Jakarta. Maklum berangkat weekend dan pulangnya di hari kerja, jadi motor sering berhenti sesaat (salah satu penyebab boros bensin).


Sekian postingan dari gua, semoga dapat membantu kalian. Byeee...


Terimakasih.

Baca Juga