Friday 9 December 2022

, ,

Rekomendasi Aplikasi Cari Kerja Lulusan SMA dan Sederajat | PENGALAMAN

 


Sejak bulan-bulan kemarin, sangat gencar peringatan resesi tahun 2023, didukung dengan sedikit-banyak perusahaan yang memutuskan hubungan kerja (PHK) kepada pegawainya.


Ada juga perusahaan atau pabrik yang sepi order sehingga menerapkan sistem rolling atau giliran untuk jadwal masuk pegawainya, namun enggak sedikit juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru.


Biasanya, untuk orang yang mengenyam pendidikan lumayan tinggi, enggak terlalu sulit mencari lowongan kerja melalui handphone atau HP mereka. Karena banyak perusahaan membuka lowongan di bagian yang persyaratannya jebolan universitas di aplikasi-aplikasi berbasis smartphone maupun melalui website.


Pada kesempatan kali ini, gua mau rekomendasikan aplikasi yang menurut pengalaman pribadi gua lumayan responsif kepada pelamar atau pengangguran dengan ijazah SMA dan sederajatnya.


Responsif yang gua maksud adalah terdapat jawaban untuk panggilan interview bahkan bekerja hasil dari melamar melalui aplikasi yang gua rekomendasikan, lalu apa saja?




1. Group Facebook & Akun IG Info Loker

Posisi pertama gua rekomen grup FB dan akun-akun IG yang berisikan info-info lowongan kerja karena biasanya terdapat sangat banyak info loker disana dan tentunya enggak sedikit yang syarat minimalnya adalah SMA sederajat. Namun, gua harap berhati-hati dan teliti terutama di grup FB. Karena ada juga loker palsu bahkan penipuan.



2. KitaLulus

Selanjutnya disusul aplikasi KitaLulus, kalian bisa download di Playstore dan untuk iOS gua enggak tau ketersediaannya. Di aplikasi ini lumayan bejibun loker-loker untuk lulusan SMA bahkan kits bisa melihat lamaran kita sudah dilihat oleh tim rekrutmen perusahaan bahkan jika sudah diproses juga akan tertera di riwayat lamaran yang sudah kita kirim-kirimkan.



3. Jobstreet

Terakhir adalah Jobstreet, sejak awal lulus sampai sekarang gua masih mengandalkan Jobstreet. Yah, karena aplikasi ini sudah 'punya nama' dan juga lumayan banyak loker SMA sederajat dan tentu saja, enggak sedikit lamaran gua yang mendapat panggilan interview maupun psikotest dari aplikasi ini.




Itulah beberapa aplikasi yang gua sarankan untuk mencari info lowongan kerja, mohon maaf jika hanya ada 3 rekomendasi karena post ini berdasarkan pengalaman gua menjajal 3 aplikasi (kita anggap 3 walau aslinya 4) diatas untuk melamar pekerjaan dan mendapat panggilan lebih lanjut.


Jika kalian punya saran aplikasi lain atau mau mengkoreksi silahkan komentar dibawah. Terima kasih sudah membaca!!

Baca Juga