Tuesday 23 May 2023

,

Mengatasi Android tidak bisa Akses Folder Android/Data



Dahulu, saat era android 10 (cmiiw) dan sebelumnya, user android bisa mengakses semua file yang ada di dalam penyimpanan internal ponsel. Namun setelah android 10 keatas akses ke penyimpanan internal khususnya folder android dibatasi.


Lalu apa kegunaan mengakses folder android di penyimpanan internal?. Bagi beberapa orang, terutama gua yang suka memainkan game VN atau RPGM dari developer yang belum masuk Playstore, mengakses file android khususnya android/data sangat perlu.


Gunanya untuk mengecek apakah dalam folder data game terdapat file save game gua. Kalau ada maka gua bisa menggunakan save editor untuk menambah HP, MP atau unlimited gold/money di game tersebut. Singkatnya gua bisa nge-cheat.


Tapi setelah update android 11 dan 12, pengguna dibatasi mengakses file android di penyimpanan internal. Lalu apa solusinya?

  • Download Aplikasi File Manager Lain di Playstore

Kalian bisa download File Manager atau Xplorer di Playstore. Gunanya untuk mengakses folder android di penyimpanan internal, karena aplikasi bawaan handphone tidak akan bisa mengakses langsung ke folder android.

Setelah download, kalian akan diminta semua perizinan saat mengakses tiap folder di dalam folder android/data. Cukup klik gunakan folder ini saja terus karena itu untuk izin pertama kali akses. Gua sendiri lebih suka pakai aplikasi File Manager buatan File Manager Plus.

  • "Gua udah Download File Manager dari Playstore, tapi pas udah Update ke Android 12 kok Enggak Bisa Akses Folder Android?"

Caranya gampang. Kalian tinggal update atau install ulang dan melakukan step perizinan seperti saat pertama install, ini gua alami setelah update ke android 12.

Sekian info dari gua, semoga hal ini dapat membantu kalian. Terimakasih.
Baca Juga