Friday 15 December 2023

Cara Melakukan COD Cek Dulu yang Benar bagi Buyer (Pembeli)



 Berbelanja online saat ini memang bukan hal yang aneh, menyebarnya kebiasaan masyarakat akan belanja online menimbulkan banyaknya e-commerce yang tumbuh dan bersaing di Indonesia. Sebut saja 3 e-commerce besar yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada.


Dengan banyaknya e-commerce yang beredar dan konsumtifnya masyarakat Indonesia, setiap perusahaan akan berupaya memunculkan ide baru yang belum dimiliki pesaingnya. Dari Shopee sendiri, merilis fitur COD Cek Dulu dimana paket COD bisa dicek terlebih dahulu oleh buyer atau pembeli. Hal ini menjadi antisipasi akan buyer nakal yang mengirimkan barang berbeda dari yang 'dipajang di etalase' tokonya.

Tapi apakah fitur ini sangat membantu? Ya. Bagi buyer, namun tidak bagi kurir karena harga paketnya sama dengan paket COD biasa. Lalu COD Cek Dulu menghabiskan waktu dimana saat proses delivery kurir sangat dikejar waktu. Namun masalah utama kurir adalah buyer yang termakan iklan, menganggap COD Cek Dulu tidak ada proses-prosesnya, asal sobek dan bilang tidak cocok. Hal tersebut akan merugikan kurir karena pihak gudang tidak mau menerima klaim.


Lalu bagaimana tata cara COD Cek Dulu?

Pertama, silahkan pilih COD Cek Dulu disaat kalian mau check out yaitu dimenu metode pembayaran.

Kedua, pastikan memberitahu kurir terlebih dahulu jika ingin COD Cek Dulu. Sekedar mengingatkan, jangan egois jika kurir menolak karena harga paket COD Cek Dulu sama dengan paket biasa plus menghabiskan waktu lebih lama. Usahakan meminta COD Cek Dulu tidak waktu kurir membawa banyak paket. Pembeli adalah raja tapi tidak ada raja yang beli barang pengen murah sampai harus pesen online.

Ketiga, siapkan cutter atau gunting dan lakban.

Keempat, beset pada bagian atas, bawah atau kanan bisa juga kiri. Jangan merusak resi dan jangan dirobek karena akan susah mengembalikan packingan paketnya.

Kelima, jika tidak cocok maka rapihkan lagu paketnya. Lakban dengan rapih.

Kenapa harus dipacking ulang oleh buyer atau pembeli? Karena SOP yang berlaku saat proses pembongkaran dan pemasangan kembali packing paket, kurir dilarang menyentuh paket. 

Semoga tata cara diatas dapat membantu kalian.
Baca Juga