Friday 3 January 2020

, ,

Review Satria FU pakai Leher Knalpot Stainless Racing tapi Tabung Standard 😎

Assalamualaikum.
Hello world~



Gambar dari: jepretan pribadi



Apa kabar teman-teman? Semoga sehat dan lancar rezekinya. Adakah rider yang ingin suara knalpotnya kedengeran tapi aman razia? Gua punya caranya.

Berawal dari kegelisahan karena pipa atau leher knalpot standard gua yang sudah karatan, salah satu senior pabrik gua tapi beda bagian yang juga rider Satria FU ternyata pakai leher knalpot stainless yang umumnya buat tabung racing.

Disitu gua bertanya-tanya, apakah bisa? Karena belum ada kesempatan tanya ke orangnya langsung, gua pun bertanya ke teman serta bengkel tujuan beli pipanya 😆. Ternyata bisa.

Gua pun membeli pipa knalpot stainless tapi tabung standard. Pipanya 235.000, adaptornya 150.000 jadi 385.000 plus pasang. Btw duit gua langsung ludes seketika 😁.

Tips buat kalian nih, kalau pasang pastikan leher stainless nya enggak mengganggung standard 2 dan kalau bisa leher di ujung yang menyambung ke adaptor dan pipa di potong saja kalau bisa. Karena leher stainless yang panjang pastinya membuat jarak baut tabung ke bustep belakang berjauhan.

Bisa sih, pakai plat lagi buat menyambungkannya tapi usahan platnya enggak main (naik turun) karena bisa-bisa leher bagian depan yang bocor atau malah lepas.

Setelah pasang, silahkan coba di geber. Suara jadi tambah ngebass tapi enggak teriak layaknya knalpot racing atau bobokkan namun bolehlah nambah 5-7 km/jam nafasnya, karena leher atau pipanya lebih besar di bandingkan yang standard. Ingat: jangan pernah berjalan lurus melewati polisi tidur yang tinggi atau asal tabrak polisi tidur karena bisa mentok ke knalpot.

Setelah terpasang, tes juga suaranya. Apakah nembak atau tidak. Punya gua nembak knalpotnya tapi malah di bagian depan, ternyata mekanik pasang asbesnya kurang pas. Periksa juga packingnya apakah bocor atau tidak.

Menurut gua sih bagus leher stainless buat Satria FU. Bisa nambah nafas dan suaranya agak gedean juga. Kalau punya uang mending beli sepaket dengan tabung standard Satria FU Thailand CBU 👍.

Tapi, ada kekurangannya juga. Kalau bisa nambah nafas kenapa pabrikan motor enggak bikin leher knalpot stainless saja buat motor pasarannya? Karena bahan stainless kurang cepat untuk melepas panas. Jadi kalau riding jauh-jauh usahakan buat ademin mesin, apalagi FU mesin kalau panas kerasa sekali ke kaki 😆.



Sekian review singkat dari gua, jangan lupa untuk share dan komen baik pertanyaan, pendapat, kritik dan saran kalian.

Mohon maaf apabila banyak kekurangan dan salah.


Terima kasih,
Wassalam.
Baca Juga