Saturday 18 April 2020

, ,

Motor Terasa Berat Ketika dipakai Lari❓ Coba Cek Bagian Ini πŸ€”

Assalamualaikum.
Hello world~

πŸ”₯Matikan AdBlock supaya blog ini tetap lancar πŸ”₯

Gambar dari: motorplus-online.com



Apa kabar semuanya πŸ‘‹???, Semoga dalam keadaan sehat dan baik saja. Tetap tenang dan kuat menghadapi keadaan saat ini ya πŸ’ͺ.

Walau pun saat ini negeri tercinta kita sedang dilanda wabah yaitu Corona, sehingga orang-orang disarankan #DiRumauAja apabila tak punya kepentingan.

Bagi mereka yang masih wajib bekerja dan tak dapat melaksanakan #WorkFromHome, diperbolehkan keluar rumah namun dengan syarat pakai masker dan menerapkan physycal distantcing (bener enggak tuh tulisannya?).

Nah, bagi kalian yang merasa tarikan motor kalian berat, silahkan simak pengalaman gua di bawah ini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡.




1. Filter udara kotor.

Gambar dari: kompasiana.com

Filter udara menurut gua salah satu komponen penting. Karena seperti namanya, fungsi part ini yaitu menyaring debu agar tidak masuk ke karbu.

Jika motor kalian tarikannya terasa berat lalu enggak pernah membersihkan filter udara coba deh bersihin dulu.

Percaya atau enggak, filter udara yang bersih juga lumayan mempengaruhi lho.



2. Karbu atau injeksi kotor.

Gambar dari: gridoto.com

Karburator atau injeksi adalah komponen terpenting. Nah, enggak menutup kemungkinan karbu atau injeksi kalian bisa kotor walau pun sudah memakai filter udara.

Apalagi jika jarang membersihkan filter udara bahkan enggak pernah. Coba deh kalian bersihkan karbu atau injeksi kalian.

Bagi injeksi squad, cara aman bersihinnya bisa kalian cari di google. Gua enggak pernah ngoprek motor injeksi soalnya πŸ˜‚, jadi enggak berani memberikan saran.

Bagi karbu squad, beli saja karbu cleaner. Bongkar body motor yang menutupi karbu dan lepas selang yang menghubungkan filter ke karbu dan semprot dari sana, sedikit aja lalu gas motor agar besar dan perhatikan knalpot.

Jika keluar asap apalagi asap hitam maka karbu fix kotor banget.



3. Rantai kendor.

Gambar dari: bombastis.com

Rantai yang kendor juga lumayan mempengaruhi lari motor. Kok gua bisa bilang begitu? Ya, karena motor gua, Satria F150 FL rantainya sering kendor slur πŸ˜….

Jadi, gua sering merasakan lari agak berat di rpm yang tinggi dan setelah gua kencangkan rantai sesuai prosedurnya, enggak berat lagi hehehe.

Saran nih, kalian yang punya motor dengan rantai dan belum bisa mengencangkan rantai dengan benar, coba aja brew lihat tutorial di youtube atau google.

Enggak usah takut, justru kalau kita bisa benerin motor dengan tangan sendiri itu rasanya beda lho 😁.



4. Tali gas bermasalah.

Gambar dari: diautomotif.blogspot.com

Karbu bersih, pun dengan filter udara. Rantai juga enggak masalah. Terus apa ya?. Kemungkinan tali gas kotor atau sudah mau putus.

Kalau kalian ada waktu gua saranin bongkar part body yang menutup lajur tali gas dan mengecek tali gasnya.

Bisa sekalian aja cuci rangka dengan lap agak basah atau kuas basah dan sabun. Supaya mengkhilap juga dalemnya bosque 😁.




Mungkin sekian dari gua. Mohon maaf kalau beberapa poin enggak gua kasih tutorial benerinnya karena gua belum pernah melakukannya, gua enggak berani kasih tutorial asal-asalan ke kalian bos.

Mohon maaf lagi, apabila banyak kurang dan terdapat kesalahan ya semuanya πŸ™.

Silahkan beri komentar kalian agan sista 😁.



Terima kasih,
Wassalam.
Baca Juga