Wednesday 22 April 2020

,

Kirim Foto KTP Sembarangan itu BAHAYA 😱😭

Assalamualaikum.
Hello world~



Gambar dari: republika.co.id



Apa kabar semuanya 👋?. Semoga sehat selalu dan lacar rezekinya 🤲. Tidak lupa juga semoga kita dijauhi dari orang-orang yang berniat jahat 😁.

Tumben ya, opening gua ditambahi dengan do'a supaya terhindar dari orang jahat. Karena akan berhubungan dengan apa yang akan gua bahas.

(Baca juga: Motor terasa berat? Ini solusinya!!)

Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas bahaya membagikan foto KTP kita secara sembarangan, terlebih foto selfie dengan KTP.

Kok bahaya?? Ya. Tentu saja bahaya. Coba sekarang bayangkan, dompet elu hilang dan ditemukan orang yang enggak dikenal.

Lalu orang yang menemukan dompet elu ternyata perampok. Dia lalu punya rencana merampok dan "tanpa sengaja" menjatuhkan sebuah KTP, yaitu KTP elu.

Tapi di era digital ini, tidak harus menemukan dompet untuk menggunakan KTP orang lain supaya kita untung. Justru cara dapat untung jika punya KTP orang lain secara fisik itu sulit.

Lebih mudah menipu seseorang supaya dia mengirimkan foto KTPnya sendiri.

Foto KTP hasil kita menipu iti, bisa kita gunakan untuk menipu kembali dengan kedok jual beli dan foto KTP tadi sebagai jaminannya.

Alhasil, kita dapat uang dan yang dicari pertama bukan kita, tapi si pemilik KTP. Langkah terakhir hanya tinggal membereskan jejak atau 'hubungan' kita dengan si pemilik KTP tersebut yang kita tipu sebelumnya.

Sampai sini paham, kan? Kenapa mengirim foto KTP apalagi selfie dengan KTP itu sangat berbahaya?. Atau belum takut juga?.

Oke, gua berikan contoh lagi. Misal elu mendapat sebuah pesan atau telpon jikalau elu dapat hadiah yang besar dan hanya butuh mengirimkan data diri, alamat lengkap, foto KTP, foto NPWP, foto KK, foto selfie dengan KTP, nomor rekening dan foto buku tabungan. Pokoknya elu diminta mengirim data-data lengkap diri elu.

Tapi ternyata itu hanya penipuan. Elu enggak disuruh transfer, tapi jangan tenang dulu. Tapi harusnya elu khawatir.

Kenapa? Bisa jadi akan ada tagihan pembayaran pinjaman online atas nama elu. Kok bisa? Tentu saja. Gua tanya nih, syarat buat pinjaman online apa saja? 😉.

(Baca juga: Tahun 2020 gak tenang cokk)

Jika diusut, memang bisa tapi ribet. Lebih baik mencegahnya dengan cara jangan mengirimkan data pribadi lengkap elu terutama foto KTP atau foto selfie dengan KTP secara sembarangan.

Kalau masih enggak percaya, tanya teman atau kenalan yang bekerja di bank. Atau pergi ke bank dan tanya ke teller bank. Apa bahayanya mengirim foto KTP elu ke sembarang orang yang tidak elu kenal.

Nah, jika elu sudah menyadari bahayanya, beri tahu orang kesayangan di sekitar kalian. Bisa juga dengan share postingan ini di Facebook, Twitter, Instagram atau WhatsApp kalian.

Sekian dari gua, mohon maaf apabila ada kekurangan dan banyak salahnya. Komen juga pendapat kalian gaes 😁.



Terima kasih,
Wassalam.
Baca Juga