Tuesday 27 December 2022

,

Main Mobile Legends: Bang Bang di HP RAM 3/32, Masih Bisa?





Mobile Legends: Bang Bang atau biasa disingkat ML adalah sebuah game moba yang populer khususnya di Indonesia. Bisa dibilang ML adalah game moba paling populer di Indonesia, alasan utamanya karena ML saat awal rilis sangat ramah terhadap smartphone kelas menengah kebawah. Di Indonesia sendiri kebanyakan masyarakatnya memakai android kelas menengah ke bawah jadi enggak heran walau awal rilis tapi sudah memiliki player yang lumayan banyak.


Namun setiap game pasti berkembang, terutama game online. Dengan banyaknya player dan masih banyak perlunya perbaikan dan upgrade, tentu pihak Moonton yang menaungi game ML ini harus melakukan update yang pasti tidak memiliki ukuran lumayan semakin bertambahnya usia. Hari ini pada tanggal 24 Desember 2022, game Mobile Legends di HP gua sudah memakan 10 GB penyimpanan, tentu bukan masalah dengan spek 8/128. Namun dengan player yang memiliki perangkat nanggung seperti 3/32 bagaimana?.


Nah, kebetulan hari ini HP gua sedang dikondisikan di service center karena masalah pada tombol volume bawah sehingga jika mati dan dihidupkan kembali atau restart akan masuk ke recovery mode, jadi gua memakai HP darurat untuk sementara yaitu HP bokap, Samsung A02 dengan RAM 3/32.


Karena bosan, gua mencoba menginstall ML, ditambah melihat recomended video di IG didominasi video tentang MLBB, lalu apa yang gua rasakan ketika memainkannya?.


Sumber gambar: deviantart.com



1. Rata Kiri

Hal yang gua rasakan untuk pertama kali adalah pengaturan grafis rata kiri karena rekomendasi spek. Jika diubah menjadi setting tengah bisa ngelag.


2. Ngeframe

Jika terdapat banyak musuh atau sedang war, terkadang HP gua ngeframe. Oleh sebab itu gua lebih suka untuk pick hero culik dibanding hero war, jika ada yang protes tinggal jawab 'gua hero culik bang. Kalo ngewar percuma'.


3. Cepat panas

Hal ini sangat wajar mengingat ukuran MLBB dan spek HP gua, match baru berjalan 2 menit sudah panas ditambah sebelum match download data. Namun dari sini gua jadi percaya, jika pakai kipas angin beneran bisa jadi 'sistem cooling' HP.


4. Aneh

Ini adalah poin terakhir yang gua rasakan. Kenapa? Karena sejak pertama pakai HP gua yang diservice gua install ML. Nah, paling rendah adalah setting tengah dan paling tinggi rata kanan. Jadi untuk main dengan grafis rendah rata kiri jadi agak aneh saja.




Itulah beberapa hal yang gua rasakan setelah main Mobile Legends di HP kentang. Jika ingin menambahkan atau koreksi postingan ini, silahkan berikan di komentar.

Terimakasih sudah membaca!

Baca Juga