Wednesday 24 February 2021

, ,

Cara Download File Besar tanpa Gagal di HP

 Assalamualaikum.

Hello world.









Halo teman-teman, kembali bersama gua di blog kesayangan yang miskin pendapatan ini hehe 😆. Apa kabarnya 👋?, Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. HP bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok umat manusia, bahkan gua sendiri kalau keluar rumah lebih enggak enak kalau HP ketinggalan daripada rokok.


Melalui HP, manusia sudah dibantu kegiatannya mulai dari berkomunikasi sampai melepas penat yaitu main game. Enggak terkecuali untuk mendownload, entah itu lagu sampai aplikasi. Tapi sebenarnya kekurangan HP juga disini, yaitu suka gagal ditengah-tengah download-an. Bahkan gua sering pas 80% sudah terdownload malah gagal 🤦🏽‍♂️. Biasanya sih ini terjadi di ukuran file besar, diatas 500 MB tapi akhir-akhir lalu terjadi di ukuran 100-200 MB.


Tentunya membuat gua geram, apalagi yang sedang di download adalah hal yang gua nantikan dan sengaja gua selingi main game untuk mamangkas waktu menunggu download selesai karena ukuran filenya besar. Eh, pas dicek ternyata download gagal dan menjadi lebih perih ketika kita tahu kalau yang sudah terdownload itu diatas 60% ukuran filenya.



Apakah kalian juga mengalaminya? Nah, gua punya solusinya. Di tengah-tengah kekesalan gua itu, terbesit sebuah pemikiran "masa di playstore enggak ada aplikasi semacam IDM (internet download manager)". Padahal kan sangat membantu itu, di desktop saja laris apalagi di HP yang sekarang era kehidupan manusia bersama HP kemana-mana.


Akhirnya gua searching dahulu, untuk mengetahui mana yang cocok untuk gua karena setiap aplikasi walau kegunaannya sama pasti punya kekurangan dan keunggulan masing-masing. Gua pun menjatuhkan pilihan ke IDM, singkatannya sama sih kayak download manager yang terkenal di desktop. Tapi enggak hanya singkatannya lho, kinerja dan kontribusinya pun hampir sama menurut gua. Karena dengan aplikasi IDM ini gua enggak pernah gagal download.


Kalian bisa download aplikasinya di Playstore dengan keyword IDM. Nanti akan muncul beberapa aplikasi pilihan, silahkan klik yang berikon awan kuning dengan latar belakang biru. Biasanya sih muncul paling atas, lalu apa fitur dan keunggulannya? Kalau kalian sudah akrab dengan IDM desktop gua bisa bilang mirip, bedanya hanya pas mau download saja. Nah, buat kalian yang belum tahu fitur utama dan paling ngena itu download bisa dilanjutkan, jadi kalau jaringan sedang trouble atau bapet enggak usah khawatir gagal kecuali sudah ada keterangan file download tersebut enggak bisa dilanjut. Detailnya kalian bisa lihat di screenshot yang gua sertakan di atas tadi.


Oh iya, karena gua singgung tadi kalau IDM ini berbeda dengan IDM desktop saat mau mendownload, maka gua kasih secuil step-step untuk mau downloadnya. Maaf ya kalau enggak disertai gambar yang jelas karena takutnya postingan ini jadi berat pas loading bagi yang baru mau baca. Kalau bingung silahkan lihat gambar screenshot di atas.



Langkah-langkahnya:

1. Salin alamat link download, bisa link di tombol downloadnya atau link halaman downloadnya.

2. Buka IDM, klik gambar globe/bumi di sebelah kanan atas.

3. Kalian akan diarahkan ke browser internal IDM, silahkan paste dan kunjungi link yang kalian salin tadi.

4. Akan muncul halaman download atau langsung notif download file.

5. Kalau muncul halaman download silahkan klik download, nanti akan muncul pop up download, ya seperti kalian download di Google Chrome.

6. Di window download yang muncul, akan ada keterangan nama file, folder penyimpanan hasil download dan lain-lain. Silahkan kalian ganti atau sesuaikan, lalu tinggal klik download atau lanjut.

7. Setelah itu tekan kembali, keluarlah dari browser internal IDM tanpa keluar dari aplikasinya alias balik ke halaman depan.

8. Iyaaakkk, di halaman depan atau halaman awal pas kalian buka IDM untuk pertama kali, sudah ada keterangan file yang sedang di download, berapa persennya dan bisa dilanjutkan atau tidak serta yang lainnya.




Mudah bukan? Ribet tutorialnya? Sambil di praktekin biasanya gampang kok, maaf banget ya enggak bisa menyertakan gambar-gambar lagi 🙏. Kalau misal kalian terbantu atau ada pertanyaan terkait postingan ini, silahkan komentar gaes. Gua juga terbuka akan kritik dan saran kalian.


Sekian postingan kali ini dari gua, mohon maaf apabila banyak kekurangan dan terdapat kesalahannya. Jangan lupa baca post gua yang lain atau keliling web ini dulu 👍.




Terima kasih,

Wassalam.

Baca Juga