Sunday 7 March 2021

,

Sebelum Beli HP Baru, Baca Ini Dulu‼️ • Tips Membeli HP Baru

 

Sumber Gambar: idntimes.com


HP adalah sebuah benda yang menjadi kebutuhan primier bagi umat manusia saat ini, karena hampir seluruh kegiatan aktifitas manusia melibatkan HP bahkan di masa pandemi saat ini elemen teknologi semakin kental tercampur dalam kehidupan kita.


Semakin bertambahnya tahun, tiap pabrikan HP selalu mengeluarkan produk terbarunya dengan fitur canggih. Pabrikan-pabrikan juga tak jarang saling menyikut kompetitornya dengan bermacam-macam fitur serta keunggulan produknya, terutama di kelas menengah ke bawah pasar Indonesia yang merupakan negara konsumen yang menggiurkan.


Seiring berjalannya waktu pula, kita manusia, menginginkan sesuatu yang lebih dari yang kita punyai. Menilai itu adalah sebuah 'kenaikan pangkat' dalam kehidupan, begitu pun dengan HP yang dimiliki. Kita ingin naik spek (tentu jika ada uang), alasannya mulai dari ingin mempunyai HP dengan fitur yang lebih modern sampai HP yang digunakan selama ini sudah tidak layak atau rusak. Biasanya sih anak Xiaomi layarnya pecah 🤭✌️.



Tapi, jika sudah mempunyai uang yang cukup dan rencana HP lama ingin 'dibuang' kemana, apakah bisa langsung ke konter atau toko HP terdekat?. Enggak cuy, kalian harus observasi dan meneliti dulu. Kenapa?. Jawabannya simple supaya kalian enggak menyesal atau terkena genjutsu sales Oppo. Tapi kalau dapetnya Oppo spek gahar sih enggak apa-apa. Nah, kesempatan kali ini gua mau membagikan secuil tips bagi kalian yang ingin membeli HP baru, btw kalau niatnya beli Iphone mending langsung saja cek Ibox di toko online. Karena post ini enggak akan ada kaitannya dengan Iphone. Tanpa basa-basi lagi, silahkan cek dibawah ini 👇👇:




1. Pilih HP di Kisaran Budget.

Sebelum berangkat, pasti ini dilakukan semua orang bahkan sebelum uang terkumpul. Mencari HP di kisaran budget yang dimiliki, mulai minimal sampai maksimal. Ini sangat penting menurut gua, karena kalian perlu tahu "apa, bagaimana" barang yang ingin kalian beli. Memang, di konter atau toko HPnya kalian bisa cek spek langsung dan tanya-tanya ke penjualnya recomended yang mana tapi ingat, penjual akan selalu memakai pikiran penjual. Sangat sangat jarang penjual yang akan memainkan peran sebagai sohib elu ketika ditanya rekomendasinya.


Btw, fyi aja nih. Gua sebelumnya jual Vivo V15 harga 2 jutaan fullset kecuali kepala charger gua ganti Oppo ORI (copotan dari HP gua yang DIMALING KATANYA TEMEN gua sendiri). Nah habis dijual malamnya gua berangkat ke konter tanpa searching dan lain-lain. Gua saat itu ingin mencoba produk xiaomi karena terakhir pake xiaomi itu 3 tahunan yang lalu dan dapatlah Redmi 7 3/23🥴.


2. Seleksi Lagi.

Setelah mendapatkan sejumlah nama dalam jangkauan budget kalian, segera seleksi sesuai kebutuhan. Biasanya sih yang utama dari processor, RAM, layar dan kamera namun tergantung diri kita masing-masing sih. Jangan lupa urutkan dari nomor 1, yang paling kita inginkan berada di genggaman kita sampai nomor sekian, pilihan terakhir. Gunanya melakukan seleksi seperti ini apa sih? Nah, ada di poin selanjutnya cuy.



3. Lihat Review Masing-masing Pilihan.

Setelah tersusun urutan dari HP yang paling kita ingin miliki sampai pilihan terakhir, buka YouTube atau searching di Google tentang review HP pilihan yang sudah ada di daftar kita. Cermati kelemahan dan kelebihannya karena setiap produk pasti mempunyai kedua hal itu. Setelah mendapatkan reviewnya, jika merasa ada yang berat di hati pada beberapa pilihan kita tinggal turunlan saja peringkatnya di daftar kita atau buang. Ini menurut gua penting karena HP itu bukan barang yang jarang digunakan dan bukan barang yang digunakan dalam jangka pendek, kecuali kalian suka gonta-ganti HP entah beli baru atau tukar tambah maupun barter. Tapi gua kurang suka gonta-ganti HP dengan model TT/BT karena bisa ketipu (HP lawan punya minus) dan seringnya sih 'rasanya beda'.


4. Yakinkan Hati, Kuatkan Tekad.

Ini sangat-sangat penting. Setelah mendapat daftar yang sudah kita seleksi ketat, jangan lupa bulatkan tekad san kuatkan hati. Fokus ke tujuan jangan sampai terkena genjutsu. Kalau bisa ajak teman yang jarang beli HP dan jarang gonta-ganti HP, malah kalau ada yang sering beli HP ajak dia. Bilang ke teman untuk menyadarkan kalian jika mulai berada di bawah genjutsu sales HP diluar pilihan kita. Sebenarnya gua enggak pernah mengalami ini sih, karena tiap ke pusat perbelanjaan dan melewati both konter-konter gua enggak pernah ditawarin seperti pengunjung di depan maupun belakang gua 🗿. Bersyukur sih tapi sedih juga aura kemiskinan gua kuat banget gitu kesannya.




Cukup sekian tips-tips sederhana dari gua. Terlihat dan terbacanya simple nan receh namun sepengalaman gua sangat penting sih soalnya gua serimg nyesel sesaat beberapa bulan HP sudah di tangan. "Kenapa milih ini, kenapa enggak itu.". Ya walau pada akhirnya itu cuma pikiran sesaat gua saja walau sering muncul 😂.


Sekian post kali ini dari gua, mohon maaf apabila ada kesalahan dan banyak kekurangan. Jika kalian ada kritik, saran, pertanyaan maupun memberikan koreksi atau tambahan postingan ini silahkan komen dibawah 👍. Akhir kata, semoga postingan ini bermanfaat bagi kalian guys.




Terima kasih,

Wassalam.

Baca Juga