Tuesday 23 February 2021

, ,

Mau Modif FU? Ini Saran Gua Biar Gantenx Permanen

Assalamualaikum.

Hello world~




Sumber gambar: gridoto.com




Apa kabarnya teman-teman sekalian? Semoga baik dan sejahtera semuanya. Modifikasi adalah sebuah tradisi bagi pecinta motor, bahkan enggak harus pecinta motor. Mereka yang hanya sekedar punya dan memakai motor pun tak luput dari modifikasi ringan, contohnya mengganti lampu rem belakang dengan yang kelap-kelip itu sudah termasuk modifikasi tapi skala kecil. Bagi gua sendiri modifikasi adalah sebuah 'seni' selama enggak aneh-aneh dan pada tempatnya, contohnya modifikasi drag look tapi motor sering dipakai jarak jauh plus dipakai harian menurut gua enggak worth it.


Gua dan motor kesayangan gua pernah modif ringan, yah walau enggak total dan itu pun berurutan. Mulai dari knalpot, pakai leher racing dan tabung standar, pernah sekali mencoba pakai knalpot racing full namun hanya bertahan beberapa jam karena gua kurang nyaman hehe. Pokoknya gua cenderung modif untuk tampilan seperti stang, spion, visor, lampu. Sisanya ya hanya leher knalpot, speedometer dan step doang yang diganti wkwk. Di postingan kali ini gua mau memberikan kalian, para rider FU saran untuk modifikasi, walau gua jarang modif tapi gua akan memaparkan pendapat dari sudut pandang pengguna jalan alias orang yang akan melihat motor kalian nantinya.


Teman gua pernah berkata: "Knalpot standard, gear set masih bawaan, karbu ori. Enggak ada niatan mau rubah?". Ya, memang bagi pengguna FU apalagi tipe karbu, kalimat modifikasi sudah sangat melekat disamping kalimat jamet. Terlebih hampir semua rider FU (pangsa pasarannya juga sih) adalah kaum muda yang punya keinginan show off (unjuk diri/PAMER) besar. Oh iya, untuk saran gua bisa dibilang akan bersentuhan dengan konsep road race. Okelah, tanpa pikir panjang langsung saja ini dia saran gua:



1. Knalpot

Yap, ini adalah yang paling umum dan biasanya paling utama bagi para pengguna FU. Saran gua untuk knalpot pilih DBS Thai ori atau Proliner. Jika ingin bacod maka jatuhkan pilihan ke Lone Rider, alternatif yang sering gua lihat adalah CHA. Namun yang sering gua dengar dan bagus ya DBS, Proliner dan Lone Rider.



2. Velg

Untuk velg gua sarankan, velg sejuta umat yaitu velg Racing Boy, bisa juga pakai Axio yang punya palang banyak. Untuk velg jari-jari menurut teman gua (btw gua enggak tau karena kurang minat ke jari-jari) yaitu TK Racing, TDR, Takasago Excel dan terakhir Rossi.


3. Ban

Nah, untuk ban gua sediakan saran antara tapak lebar dan cacing. Biar kalian bisa menentukan konsep drag race atau road race dari sini hehe. Oke, pertama gua enggak merekomendasikan IRC karena licin, kalian bisa pilih antara FDR, Michelin, Mizzle dan Corsa. Untuk ban cacing juga sih di pabrikan yang gua sebut tadi lumayan recomended tapi gua tambahkan: VEE, Camel dan Swallow. Harga? ingat kata anak-anak thailook, "Hobi kami mahal".


4. Gear

Untuk gear gua sarankan pakai SSS tapi menurut beberapa pihak SSS kurang bagus. Gua saran pakai tipe 428 yang punya ketebalan sama seperti ori FU. Ukuran gear 14 untuk depan, 40 untuk belakang supaya nafas tidak gampang habis. Kalau kalian di kota atau punya konsep ban gambot bisa naikkan ukuran gear belakang pakai 44 atau 45. Oh iya, jangan terlalu kecil kalau mesin masih standard karena bisa 'berat' ke mesin, memang "nafas enggak habis-habis" tapi kenapa Suzuki nyetel rasio gear 14-43?.


5. Stang

Untuk stang, sayang banget kalau pakai standard tapi jika nyaman ya enggak apa-apa, lanjutin sampai kedua keluarga rembugan. Saran gua kalian bisa ganti dengan stang RZR dengan raiser FINO, untuk ini gua pernah pasang di motor gua dan posisinya lebih nunduk namun memberikan pandangan dan rasa baru, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan spion tomox karena kalau pakai spion standar kurang pas mungkin panjang batang spionnya kali ya. Bisa juga pakai stang jepit, baik konsep ban lebar atau cacing masuk sih asal enggak ekstrim dari sudut dan warnanya. Btw jangan beli yang harga murah ya, takutnya saat speeding rem mendadak stang enggak kuat menahan beban rider jadinya patah. Bahaya tuh, bahaya malunya wkwk.



6. Karbu

Karbu FU sebenarnya sudah bagus sih originalnya, namun dibanding PE 26 berbeda walau punya ukuran sama. Lebih responsif PE 26, jadi gua sarankan pakai PE 26 dimana kalian enggak perlu open filter atau pakai PE 28 maupun PWK, banyak juga yang pakai karbu RX-King atau Ninja R/RR. Jangan lupa beli filter aftermarket supaya kalau hujan deras aman.


7. Undertail

Ini biasanya dipakai untuk konsep road race, undertail atau spakbor seluncur membuat bagian belakang lebih lancip, jadinya cocok dengan ban gambot kalian. Harganya juga lumayan sih tapi recomended lah asal hati-hati saja karena biasanya bagian sen kecil kurang kelihatan apalgi sambil ngerem. Oh iya, lepas juga behel yang di belakang jok supaya lebih cocok.


8. Sayap Potongan.

Ini yang gua pengen dan belum sempet gua beli karena nunggu bekasan agak susah, kalau pun ada biasanya jauh. Jadi malas untuk mem-pick up yang didambakan. Sayap potongan kalian bisa dapatkan dengan membeli di toko online e-commerce yang harganya lumayan, membeli bekasan atau potong dah sayap ori yang kalian punya. Usahakan kalau yang sayap potongan yang setengah gitu ya, supaya karbu lebih aman. Kalau yang secuil juga bagus sih tapi gua kurang yakin ke karbu.



Oke, segitu saja saran gua. Kalau misalnya ada yang salah, mau kalian koreksi atau kalian punya pendapat lain silahkan utarakan di komentar. Gua juga sangat terbuka jika kalian ingin menambahkan produk rekomendasi kalian, komen aja. Kritik dan saran juga gua butuhkan jadi jangan ragu buat menuliskan komentar gaes. Sekian postingan kali ini dari gua, mohon maaf jika banyak kurang dan terdapat kesalahannya.



Terima kasih,

Wassalam.

Baca Juga