Tuesday 23 March 2021

, , ,

Tahun Ini Jangan Beli HP Internal Dibawah 32GB! ❌

 

Sumber gambar: suara.com


Hai, Apa kabarnya kalian semua 👋?. Semoga dalam keadaan baik-baik saja serta sehat dari badan sampai keuangan. Tadi gua melihat beberapa post di group jual-beli Facebook, kebanyakan didominasi dengan post HP dari yang jadul sampai terbaru.


Lalu gua berniat ingin membuat post ini, lebih tepatnya terinspirasi. Gua sebagai user hp kentang 3/32 (walau pas dipakai hanya 3/23), mulai menemukan "penolakan" dunia kepada hp-hp kentang. Kita semua tahu, semakin canggih dan sangar spek hp yang dimiliki maka semakin membantu keseharian kita. Misalnya dalam melepas penat dengan game, semakin sangar speknya semakin banyak game berat yang dapat dilibas.


Untuk penginstallan aplikasi pun, jika internal dan RAM sangat gahar, semua aplikasi dapat kita install dari kecil sampai besar. Enggak perlu tuh memikirkan akan menghapus aplikasi yang jarang dipakai untuk mengurangi beban mesin. Begitu pula untuk penyimpanan data mulai lagu sampai film. Jika internal besar nan luas kita akan aman plus nyaman dalam mendownload atau menyimpan data-data kita.



Nah, kita pindah ke inti pembahasan post ini. Menurut gua, semakin bertambahnya tahun maka hp-hp kelas teri dengan RAM dan internal kecil seakan "ditolak" oleh dunia ini. Banyak game yang dulu ukurannya kecil namun pastinya seiring waktu menjadi besar, hal ini disebabkan update-update yang developer keluarkan karena kebutuhan persaingan pasar dengan developer lain. Dengan RAM dan internal kecil tentu sangat menguras ruang untuk menginstall 1 game yang ukurannya 'lumayan' plus sering dipakai.


Karena otomatis cache serta datanya akan bertambah dengan cepat karena sering dipakai. Oke, karena gua pusing memikirkan peng-ibaratannya lebih baik memakai persoalan gua sendiri. Masalah yang sering gua hadapi sendiri.


Hp gua dengan RAM 3 GB dan internal 23 GB (aslinya 32 tapi mungkin termakan OS jadinya tersisa 23GB) sering mendapat problem saat menginstall game atau aplikasi besar, sering kali enggak terpasang karena penyimpanan enggak cukup atau kurang sedikit. Lebih repot apabila memasang model apk dari luar Playstore yang ukurannya 800 MB lebih. Gua sendiri tanpa game sudah memasang aplikasi banyak seperti Instagram, WhatsApp, YouTube (bawaan) dan aplikasi lain yang mendukung pekerjaan serta kegiatan gua di dunia maya. Lalu game premier gua ada BUSSID yang lumayan besar serta game-game kecil lain.


Jika gua menambah game atau aplikasi besar maka internal pasti akan berkurang dong untuk penyimpanan datanya. Nah, gua sendiri seorang wibu yang kadang suka download anime ilegal bertipe batch atau per-episode kalau tidak ada versi legalnya terutama di Muse. Dengan adanya batch anime yang gua sendiri lebih nyaman menonton di hp ketimbang laptop membuat internal semakin berkurang jika tidak terpasang mmc. Efeknya? Jelas operasi hp agak lambat sesaat setelah keluar dari aplikasi. Saat memuat tampilan awal hp atau di menu hp akan menunggu beberapa detik sampai bisa dioperasikan.



Belum lagi jika ingin mengambil foto-foto atau merekam layar. Okelah untuk foto ukurannya enggak terlalu besar toh cuma 5-10 foto perhari itu pun untuk ngojol bukan dari WA, tapi beda dengan rekam layar yang punya ukuran cukup besar walau sekitar 10 menitan saja. Apalagi rekam layar dari aplikasi bawaan tidak support langsung menyimpan di mmc, harus di internal. Hal ini membuat hp gua kelelahan apabila beberapa aplikasi premier punya update terbaru.


Dari pengalaman ini gua menyimpulkan kurang recomended jika memakai hp dengan internal dibawah 32 GB, yah minimal 64 GB lah. Untuk penyimpanan data kita dan aplikasi enggak begitu ngos-ngosan terutama bagi yang mempunyai WA ramai serta butuh banyak install aplikasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kalau kalian memang kebutuhannya cocok memakai hp spek kurang memadai ya enggak apa-apa. Namun jika tipe seperti yang gua sebut diatas, lebih baik untuk menabung atau membeli bekas sehingga tercapailah hp nyaman pilihan hati tapi sebelum beli hp baru bulatkan tekad ya 😁.


Sekian post kali ini dari gua, silahkan komen apabila tidak setuju dengan gua kalau kolom komentar enggak tersedia silahkan refresh. Mohon maaf apabila post ini banyak kekurangan dan terdapat kesalahan, semoga dapat membantu kalian gaesku.


Terima kasih.

Baca Juga