Sunday 18 April 2021

,

Cara Mengatasi Internal Xiaomi Redmi Penuh❗ 100% WORK 🕺

 

Sumber gambar: jepretan pribadi


Hai, apa kabar teman-teman sekalian👋? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini gua akan memberikan tips bagaimana cara meringankan internal HP Xiaomi Redmi yang penuh.


Seperti yang kita tahu jika Xiaomi adalah brand yang lekat dengan kalangan menengah ke bawah jika urusan HP. Tak heran pula jika Xiaomi pernah meluncurkan produk spek nanggung, untuk memaksa konsumen memilih antara di bawah spek tersebut atau di atas spek tersebut. Spek nanggung itu hanya pancingan agar HP berspek di atas dan bawahnya lebih laris.



Sialnya, gua malah beli pancingan tersebut karena HP Xiaomi di 2 konter yang gua tanyakan enggak ada alias habis. Gua akhirnya membeli Redmi 7 3/32, itu yang tertera di box dan iklannya. Aslinya memang ber-RAM 3GB namun internal sudah "dimakan" sistem maupun mungkin potongan untuk cloud. Gua menerima RAM bersih 23GB.



Bayangkan, sebelumnya memiliki HP berinternal 64 turun drastis ke 23. Apa yang terjadi? Cepat penuh, biasanya stabil di angka 90-95% internal terpakai. Ini menjadikan gua kebingungan untum menginstall aplikasi besar terutama yang didapat dari luar Playstore. Biasanya gua menerapkan pembersihan thumbnail foto maupun video dengan cara:

1. Pergi ke file manager.

2. Buka folder DCIM atau video dan disana akan ada folder .thumbnail atau .thumbnails.

3. Pilih semua dan hapus.


Namun seringkali itu tak berpengaruh karena thumbnail hanya menyumbang sedikit dari memori internal penuh, paling berpengaruh biasanga cache dari aplikasi. Kalian bisa membersihkannya dengan cleaner bawaan Xiaomi Redmi kalian. Dengan cara:

1. Pergi ke file manager.

2. Geser atau menuju ke folder-folder.

3. Biasanya di pojok bawah ada logo pop-up untuk cleaner kalian klik, atau klik bulet-bulet pojok kiri atas yang bertuliskan internal.

Sumber gambar: ss pribadi

4. Jika sudah di klik maka akan diarahkan ke pembersih. Fyi untuk bagian package atau paket itu adalah file APK yang sudah terinstall, lebih baik di uncentang atau jangan di centang.

Sumber gambar: ss pribadi

Namun, cara ini tidak selalu berhasil apalagi kalian sudah mengalami masalah yang sama atau mirip dengan gua. Jadi ceritanya gua menghapus beberapa aplikasi besar mulai dari IG sampai BL untuk menginstall salah satu game diluar Playstore berukuran 1,5 GB. Namun game itu terus menerus tidak bisa terinstall namun memori internal terus penuh. Mungkin karena data game tersebut sudah ada yang ditempatkan di internal.


Setelah mencoba dengan ulet, akhirnya game itu bisa terinstall dan gua memainkannya. Lalu apa yang terjadi setelah gua uninstall walau sudah di bersihkan data game itu sebelumnya? Internal tetap penuh. Gua berspekulasi datanya nyangkut.



Gua mencoba membersihkan dengan cleaner bawaan tapi tidak terdeteksi, mencari folder data tersebut dengan manual namun tidak berhasil. Akhirnya gua kembalikan ke setelan pabrik, berat untuk memutuskan ini namun worth it sekali. Gua kasih tahu step by step yang menurut gua aman, oh iya tolong baterai jangan mepet, usahakan diatas 70% untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan.

1. Back up semua data kalian ke kartu memori eksternal atau komputer/laptop.

2. Back up kontak, chat dan data di aplikasi penting yang jika terhapus tidak bisa kembali (biasanya aplikasi chat).

3. Cabut kartu memori.

4. Pergi ke pengaturan dan carilah kembali ke setelan pabrik, kalian akan diminta untuk memasukkan pola atau kata sandi.

5. Tunggu sampai proses selesai.

Memang cara ini cukup memaksa kita berkorban terutama setelah proses selesai dan kita mulai lagi harus menyetel HP kita seperti saat beli baru. Belum lagi kalau lupa back up kontak, waduh gawat. Namun cara ini sangat berhasil, memori internal gua hijau kembali 😁.


Sekian post kali ini dari gua, jika kalian ada tips lain silahkan berikan di komentar. Apabila ada kritik & saran juga gua sangat merekomendasikan kalian untuk tuliskan di komentar juga.


Mohon maaf apabila post ini ada kesalahan dan kekurangan, semoga dapat membantu kalian atau menambah wawasan kalian. Jangan lupa di share juga ya gaesku.



Terima kasih.


Baca Juga